Monday 30 September 2013

6 JENIS CINTA

Kebutuhan emosional kita yang kompleks,sebenarnya dapat di ringkas sebagai kebutuhan cinta,Kaum pria dan wanita masing-masing mempunyai 6 kebutuhan cinta yang khas dan sama-sama penting.Dengan 6 daftar ini dapat memberikan anda arah untuk memperbaiki hubungan-hubungan anda dengan lawan jenis bila anda tidak tau harus berbuat apa.
Tentu saja setiap pria dan wanita pada akhirnya membutuhkan ke enam jenis cinta itu.Mengakui keenam jenis cinta yang di butuhkan kaum wanita tidak berarti kaum pria tidak membutuhkan jenis cinta tersebut.Yang di sebut kebutuhan pimer adalah orang perlu lebih dulu memuaskan kebutuhan primernya sebelum sanggup sepenuhnya menerima dan menghargai jenis-jenis cinta yang lain.
Pria baru dapat sepenuhnya menerima dan menghargai keenam jenis cinta yang terutama dibutuhkan kaum wanita setelah kebutuhan-kebutuhan primernya sendiri terpenuhi.
Demikian pula wanita.Memahami jenis-jenis cinta primer yang dibutuhkan pasangan anda merupakan rahasia yang paling ampuh untuk memperbaiki hubungan anda dengan pasangan anda.

 1.Wanita Membutuhkan Perhatian,Pria Membutuhkan Kepercayaan.
    Saat  pria memperhatikan minat terhadap perasaan-perasaan wanita dan menunjukkan kepedulian mendalam akan kesejahteraan wanita,si wanita merasa di cintai dan diperhatikan.Dengan membuat si wanita merasa istimewa dengan cara yang penuh cinta,pria itu berhasil memuaskan kebutuhan primernya yang pertama.Tentu saja si wanita makin mempercayainya.Rasa percaya ini membuatnya lebih terbuka dan lebih mudah menerima.
Bila wanita menunjukkan sikap terbuka dan mudah menerima terhadap pria,pria itu merasa di percaya.Mempercayai pria bukan berarti meyakini bahwa ia melakukan yang terbaik dan bawa pria tersebut menginginkan yang terbaik buat pasanganya.Bila reaksi -reaksi si wanita mengungkapkan kepercayaan positif terhadap kemampuan dan niat pria,kebutuhan cinta utama pria itu jadi lebih penuh cinta dan perhatian terhadap perasaan-perasaan dan kebutuhan si wanita.



2.Wanita membutuhkan Pengertian,Pria membutuhkan Penerimaan
    Bila pria mendengarkan tanpa menghakimi,tetapi dengan empati dan kedekatan terhadap wanita wanita yang sedang mengungkapkan perasaan-perasaan,wanita itu merasa di dengarkan dan di pahami.Sikap penuh pengertian tidak berarti mengetahui pikiran atau perasaan seseorang,melainkan berusaha mengumpulkan makna-makna dari apa yang di dengar dan bergerak untuk membenarkan apa yang di sampaikan.Semakin terpenuhi kebutuhan wanita untuk di dengarkan dan dimengerti,semakin mudah baginya untuk memberi penerimaan yag dibutuhkan pasanganya.
Bila wanita dengan penuh cinta menerima pria tanpa berusaha mengubahnya,pria itu merasa diterima.Sikap menerima itu tidak menolak,melainkan menegaskan bahwa pria itu di terima dengan gembira.Setelah merasa diterima,lebih mudah bagi pria untuk mendengarkan dan memberi wanita pemahaman yang di butuhkan dan layak diterimanya.

3.Wanita Membutuhkan Rasa Hormat,Pria membutuhkan Penghargaan
    Wanita merasa di hormati bila pria menanggapinya dengan mengakui dan mengutamakan hak-hak,harapan,dan kebutuhan-kebutuhanya.Bila tingkah laku pria itu mempertimbangkan pikiran-pikiran dan perasaannya,wanita tersebut pasti merasa di hormati.Bila wanita merasa dihormati,jauh lebih mudah baginya untuk memberi suaminya penghargaan yang layak diterimanya.
Bila wanita mengakui telah menerima manfaat dan nilai pribadi dari usaha-usaha dan tingkah laku pria,si pria jadi merasa di hargai.Penghargaan merupakan reaksi alami terhadap perasaan didukung.Setelah merasa di hargai,pria tahu usahanya tidak sia-sia dengan demikian ,ia didorong untuk memberi lebih layak.Pria yang di hargai otomatis akan lebih bersemangat dan terdorong untuk lebih menghormati pasanganya.

4.Wanita Membutuhkan Kesetiaan,Pria membutuhkan Kekaguman 
    Bila pria mengutamakan kebutuhan-kebutuhan wanita dan dengan bangga mendukung dan memuaskan si wanita,Wanita berkembang subur bila ia merasa di puja dan istimewa.Pria dapat memenuhi kebutuhan ini dengan lebih mementingkan kebutuhan dan perasaan wanita itu daripada minat-minatnya sendiri seperti pekerjaan,pelajaran,rekreasi.Bila wanita merasa dirinyalah yang terpenting dalam kehidupan pria itu,dengan mudah ia akan memberi kekagumannya.
Seperti halnya wanita,pria pun perlu merasakan kekaguman wanita,Mengagumi pria adalah memandangnya dengan penuh kekaguman,rasa senang,dan persetujuan yang menyenangkan.
Bila pria di kagumi ,ia akan merasa cukup aman untuk membaktikan diri bagi istrinya dan menyanjungnya.

5.Wanita Membutuhkan Penegasan,Pria Membutuhkan Persetujuan
    Bila pria tidak keberatan atau tidak menentang perasaan dan kebutuhan wanita,melainkan menerimanya dan menegaskan keabsahannya,wanita akan betul-betul merasa di cintai,Sikap mengesankan pria menegaskan hak wanita untuk merasa sebagaimana dirasakannya.(Perlu di ingat pria dapat menghargai sudut pandang wanita,meski ia sendiri mempunyai sudut pandang yang berbeda).Setelah pria belajar menunjukkan pada wanita sikap mengiyakan ini,pria itu pasti memperoleh persetujuan yang terutama dibutuhkannya.
Jauh dari lubuk hatinya,setiap pria ingin menjadi pahlawan atau kesatria dengan baju baja berkilau bagi wanita.Tanda bahwa pria telah lulus ujian dari seorang wanita adalah persetujuannya.Sikap menyetujui berupa pengakuan atas kebaikan dalam diri si pria dan mengungkapkan kepuasan menyeluruh pada pria itu.Setelah pria menerima persetujuan yang dibutuhkan,jadi lebih mudah baginya untuk menghargai perasaan-perasaan si wanita.

6.Wanita Perlu Jaminan,Pria Perlu Dorongan
    Bila pria berulang-ulang memperhatikan bahwa ia memperhatikan ,memahami,menghormati,menghargai dan menyayangi pasanganya,kebutuhan utama pasangan untuk diyakinkan telah terpenuhi.Sikap menyakinkan membuat wanita merasa senantiasa dicintai
Pria umunya membuat kekeliruan dengan menganggap bahwa sekali ia telah memenuhi  semua kebutuhan cinta primer istrinya,dan istrinya merasa bahagia dan aman,maka sejak saat itu istrinya harus tahu bahwa ia di cintai.Padahal itu tidak cukup,pria harus ingat untuk meyakinkan berulang kali.

No comments:

Post a Comment